Zulkarnain Unang
Blog Universitas Komputer Indonesia

Import Mail Inbox Ke Database Menggunakan Apatar

Import Mail Inbox Ke Database Menggunakan Apatar
Bagi anda yang belum pernah menggunakan Apatar, bisa terlebih dahulu membaca artikel dari saya sebelumnya pada link berikut.
 
Dari judul artikel ini mungkin timbul pertanyaan, kntuk apa Main Inbox di import ke dalam database?. Jawabannya akan saya jabarkan dari contoh kasus dalam dunia pekerjaan. Misalkan ada suatu perusahaan yang menyediakan layanan bagi customer-nya untuk menyampaikan keluhan atau menanyakan salah satu service/product nya melalui email. Nah layanan email ini dikelola oleh bagian Help Desk, Help desk sendiri akan menyampaikan isi email ke bagian-bagian khusus yang menangani sesuai isi email-nya. Misalkan keluhan teknis akan disampaikan ke divisi teknis atau pertanyaan mengenai produk akan disampaikan ke bagian Marketing Produk. Dari rangkaian proses tersebut maka perusahaan dapat melihat laporan mengenai produk-produk mana saja yang banyak mendapat keluhan, atau produk-produk mana saja yang dapat prioritas untuk dipromosikan. Dalam kasus yang pernah saya implementasi adalah untuk divisi IT di Holding/Induk Perusahaan yang mengelola IT solution untuk anak-anak perusahaannya.
 
Untuk mengikuti step by step Artikel ini, tentu anda harus menginstal Mail Server terlebih dahulu. Bagi anda yang bekerja di lingkunngan windows mungkin bisa menggunakan Mercury Mail Server yang sudah terinstal dalam paket XAMPP. Untuk anda yang bekerja di lingkungan linux jika belum mempunya mail server, Citadel adalah pilihan yang cocok bagi pemula, karena Sangat mudah dalam instalasinya. Mercury atau Citadel hanya saran dari saya untuk yang belum pernah melakukan instalasi mail server. 
 
Ok....di sini saya menggunakan Mercury Mail Server yang tersedia dalam paket XAMPP. Berikut adalah langkah-langkah Konfigurasi untuk Mercury : 
  • Jalankan XAMPP Control Panel, lalu klik Start untuk Mercury-nya, setelah itu klik tombol Admin... yang sejajar dengan tulisan Mercury.
  • Setelah muncul jendela Administrati dari Mercury, Langsung masuk ke menu Configuration --> Mercury Core Module..., pada tab General isi alimrugi.com pada Internet name for this system:, pada tab Local Domains klik Add new domain, lalu isikan alimrugi.com pada Local host or server dan Internet name. klik Ok, lalu Ok untuk menutup jendela konfigurasi core module.
  • Lalu masuk ke menu Configuration --> Manage local users... untuk menambahkan beberapa user ke dalam mail server. lalu klik Add untuk menambahkan user baru. Isikan service pada username, isikan Customer Service pada Personal name, dan isikan 12345 pada Password dan APOP secret, lalu klik Ok. Lakukan hal yang sama untuk menambah user lain. username : biil dan Personal Name : Bill Gates, username : linus dan Personal name : Linus Torvalds, username : john dan Personal name : John Warnock, username : rasmus dan Personal name : Rasmus Lerdorf. 
  • Supaya domain alimrugi.com bisa digunakan, maka edit file hosts di C:\windows\System32\drivers\, lalu tambahkan baris 127.0.0.1 alimrugi.com.
  • Dari konfigurasi yang sudah dilakukan, maka didapat alamat email service@alimrugi.com, bill@alimrugi.com, linus@alimrugi.com, john@alimrugi.com dan rasmus@alimrugi.com. Selanjutnya konfigurasikan masing-masing user pada Email Client seperti MS Outlook, Mozilla Thunderbird, atau Evolution. Coba untuk mengirim email dari masing-masing user ke alamat service@alimrugi.com.
Download terlebih dahulu file SQLnya untuk membuat database. silahkan download apatar_mailinbox_to_mysql.zip di bawah ini.
 
DOWNLOADAttachment
apatar-mailinbox-to-mysql.zip

Ukuran: 3.10 KB
 
Setelah selesai melakukan konfigurasi Mail Server dan membuat database, langsung saja jalankan Apatarnya untuk memulai membuat project. Setelah GUI Apatar nya tampil, Drag Connector E-Mail, Drag Operation Transform, dan Drag Connector MySQL ke Work Area. Sehinggal akan tampil seperti gambar berikut ini.
 
1
 
Selanjutnya double klik pada connector E-mail untuk memulai konfigurasinya. isikan service pada login, isikan 12345 pada password, dan isikan alimrugi.com pada incomingMailServer. Setalah itu klik next dan checklist pada Remove massages from the server, lalu finish. lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.
1
 
Untuk melihat berhasil atau tidak konfigurasi pada connector E-mail, click kanan pada connector E-mail yang sudah berubah nama menjadi alimrugi.com lalu pilih Run and Preview results.
 
Selanjutnya kita konfigurasi pada connector MySQL. double click connector nya lalu isikan konfigurasi ke mysql server dan pilih database nya, dalam contoh di sini dbName adalah lat_etl_customer. Setelah itu clik next, lalu pilih t_mail_ibox pada Record Source, lalu click next dan finish. Untuk Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.
 
1
 
Selanjutnya hubungkan masing-masing connector, hubungkan connector alimrugi.com ke operation Transform, dan dari operation Transform ke connector t_mail_ibox. Sehingga akan terlihat seperti pada gambar berikut.
 
1
 
Selanjutnya double click pada operation Transform untuk mulai memetakan mail inbox ke mysql. Setelah jendela Tranform tampil, Drag field From, To, CC, Subject, Body, dan Date dari bagian alimrugi.com ke work area. Lalu drag Field mail_from, mail_to, mail_cc, mail_subject, mail_content, dan mail_date dari bagian Output ke work area. Terakhir atur posisi dari field-field yang sudah dimasukan ke work area lalu hubungkan antara fiel lalu klik Ok untuk mengakhiri konfigurasi Transform. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.
 
1
 
Langkah terakhir adalah save project yang telah dibuat pada menu File --> Save As. Untuk memulai proses import Mail Inbox ke database Mysql bisa dilakukan pada menu File --> Run.
 
Jika anda ingin menjalankan project yang telah anda buat menggunakan Apatar secara otomatis, anda bisa menggunakan Job Scheduler miliknya Apatar. Untuk menjalankan Job Scheduler bisa dilakukan pada Menu --> Scheduling atau pada Start menu --> All Program --> Apatar --> Scheduling. Dengan Job Scheduler anda bisa mengatur bagaimana project anda akan dijalan, bisa sekali sehari atau setiap satu jam, itu bisa diatur sesuai kebutuhan. Setelah anda menjalankan Scheduling, Scheculing ada di Launc Taskbar di pojok kanan bawah sejajar dengan icon volume pada windows anda. Tampilan Scheduling bisa dilihat pada gambar berikut.
 
1
 
Untuk menambahkan Job Scheduler anda bisa melakukan dengan click tombol new. Lalu isikan nama job scheduler-nya, isikan project nya, dan isikan parameter-parameter lainnya sesuai kebutuhan. Lebih Jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.
 
1
 
Semoga artikel ini bisa bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan istilah dan definisi. Saya harapkan feedback nya dari teman. Sekali lagi Semoga Bermanfaat.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 10 Februari 12 - 00:43 WIB
Dalam Kategori : APATAR, EXTRACT-TRANSFORM-LOAD, DATA WAREHOUSE, DATA INTEGRATION
Dibaca sebanyak : 1349 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback